Iklan Esia Dipersoalkan

Iklan Esia milik PT Bakrie Telecom Tbk. yang saat ini disiarkan di televisi menuai kritik. Pasalnya iklan operator seluler yang berbasis Code Division Multiple Access (CDMA) ini diduga sengaja disiapkan untuk menjatuhkan citra operator seluler lain.

Juru Bicara PT Exelcomindo Pratama Tbk., Ventura Elissawati, mengatakan iklan ini jelas menggambarkan perbandingan tarif promosi yang diterapkan sejumlah kompetitor Esia.

Sebab Esia menggunakan paduan teks dan warna yang digunakan sebagai sarana pembanding dengan operator.
“Paduan teks dan warna itu jelas secara spesifik telah menunjukkan identitas operator lain,” kata Ventura.

Group Head Marketing & Loyalty PT Indosat Tbk. Guntur Siboro juga mengungkapkan keluhan yang sama. Namun demikian, ia enggan mempersoalkan materi iklan itu kepada Badan Pengawas Periklanan. “Biar pelanggan yang menilai,” ujar Guntur.

Ketua Persatuan Perusahaan Periklanan indonesia, Narga Shakri habib menilai kampanye perang tarif sebagai hal yang wajar. “Asalkan tidak mendeskriditkan pesaing yang lain,” kata dia. Berdasarkan pengamatannya secara pribadi, iklan Esia sebenarnya masih dalam batas kewajaran.

General Manager Coorporate Communications PT Bakrie Telecom Tbk., Noorman Ilyas, membantah bila Esia dikatakan telah mendeskriditkan operator telekomunikasi yang lain. “Kami hanya mengkomparasi fakta,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: