Apa itu Cinta? (Suara Mereka yang tak Terdengar)

Setiap tanggal 14 Pebruari kita merayakan hari Valentine, hari cinta. Cinta oh cinta. Adakah manusia yang bisa hidup normal tanpa cinta?
Betapa dalam dan pentingnya cinta sehingga walau udah lahir ribuan pujangga, filsuf, ilmuwan dan ahli bahsa (kamus) tetapi tetap saja tak seorang dari mereka sanggup mendefinisikan cinta dengan sempurna. Betapa penting dan universalnya cinta sehingga sudah tak terhitung lagi berapa puisi dan lagu tercipta bertemakan cinta. Bahkan saya kira 70-80% lagu itu temanya (sekurangnya berhubungan dengan tema) cinta.

Leo Buscaglia, seorang pengarang dan dosen pernah menjadi yuri suatu kontes di mana harus menilai dan menentukan siapakah anak (kecil) yang paling ‘care”. Hasilnya ialah seorang anak berumur empat tahun yang mempunyai tetangga seorang kakek yang barusan saja ditinggalkan isteri tercinta yang dipanggil Tuhan. Ketika melihat si kakek menangis tersedu, si kecil ini memasuki halaman rumah si kakek, duduk di pangkuan si kakek dan duduk tenang terpana. Ketika ibunya menanyakan apa yang telah ia perbuat kepada si kakek, bujang kecil ini menjawab, “Ngga ada, saya hanya menolongnya menangis.” Anda tahu baik cerita di atas barangkali.

Saya tidak akan bercerita mengenai sejarah, teori, maksud, tujuan, rencana, dsb yang berhubungan dengan cinta remaja maupun orang tua. Saya juga tidak akan membuat definisi mengenai cinta. Saya mau kita sebentar mendengarkan anak-anak. Apa kata mereka mengenai cinta?

(Tulisan ini dikutip sana sini dari internet. Linknya disertakan di bagian akhir tulisan ini)

*Apa itu Cinta? *

1. “Ketika Nenekku kena atritis trus dia kagak bisa bungkuk untuk mencat kuku-kukunya. Trus, Kakek saya mencat kuku-kuku Nenek saya. Dia melakukannya terus menerus tiap hari, padahal Kakekku juga kena atritis. Itulah cinta.” (Rebecca, 8)

2. “Ketika ia mencintaimu, ia memanggil namamu sangat berbeda. Kamu jangan cemas, namamu aman di mulut mereka” (Billy, 4)

3. “Cinta itu ialah ketika seorang cewek memakai parfum trus si cowoknya memakai cologne trus mereka berduaan pergi ke luar dan mencium bau pasanganya” (Kari, 5)

4. “Cinta itu ialah ketika kamu makan bersama di luar trus kamu memberikan hampir semua French fries tanpa meminta mereka memberikannya untuk kamu”(Chrissie, 6).

5. “Cintalah yang membuat kamu tetap tersenyum walaupun sedang capek” (Terri, 4).

6. “Cinta ialah ketika Mommy membuat kopi untuk Daddy trus Mommy minum dulu sedikit sebelum memberikannya ke Daddy supaya yakin rasanya sudah OK” ( Danny, 7).

7. “Cinta itu ialah ketika kamu mencium seseorang sepanjang waktu. Bila kamu sudah capek mencium kamu masih juga mau bersama dirinya dan masih saling bicara sangat banyak. Mami dan Dadyku selalu seperti itu” (Emily, 8).

8. “Cinta ialah apa yang ada di dalam kamarmu waktu Natal, waktu kamu berhenti membuka kado lalu mendengar” (Bobby, 7).

9. “Cinta ialah ketika kamu bilang ke cowok bahwa bajunya bagus dan cowok itu pakai terus baju itu setiap harinya” (Noelle, 7).

10. “Cinta itu bagaikan seorang nenek tua yang mungil dan seorang kakek tua yang mungil yang tetap bersahabat walau sudah sangat saling mengetahui satu sama lainnya baik” (Tommy, 6).

11. “Waktu aku memainkan piano di panggung, saya sangat gugup dan takut. Saya lihat semua orang menatap saya, dan saya juga melihat Dadyku, dia melambaikan tangan dan menatap saya dan tersenyum. Hanya dia yang melakukan itu. Makanya saya tidak gugup lagi. (Cindy, 8).

12. “Mamiku sangat mencintai saya lebih dari siapa pun. Tidak seorang pun seperti Mami, dia mencium saya untuk membuat saya tidur setiap malam” (Clare, 6).

13. “Cinta ialah waktu Mamiku memberikan sepotong ayam goreng yang terbaik untuk Dadiku” (Elaine, 5).

14. “Cinta ialah ketika Mami melihat Dady berkeringat dan bau tetapi masih juga Mami bilang bahwa Dady itu lebih ganteng dari Robert Redford” (Chris, 7).

15. “Cinta ialah ialah ketika anjing kesayanganmu menjilati wajahmu walau kamu baru saja meninggalkannya seharian” (Mary Ann, 4).

16. “Ketika kamu mencintai seseorang, bulu matamu naik dan turun dan bintang-bintang kecil keluar berterbangan darimu” (Karen, 7).

*Nasihat Mengenai Cinta *

1. “Pacaran itu hanya untuk senang-senang, mereka harus menggunakannya untuk saling mengenali. Juga para cowok banyak yang mau mereka katakan kalau kamu menengarkan cukup lama” (Lynnette, 8).

2. “Habiskan waktumu untuk bercinta daripada pergi bekerja” (Dick, 7).

3. “Jangan sampai lupa nama isterimu, karena bisa menghancurkan cinta” (Erin, 8).

4. “Jadilah pencium yang baik. Itu mungkin bisa membuat isterimu lupa bahwa kamu ngga pernah membuang sampah” (Dave, 8).

5. “Jangan sampai bilang bahwa kamu mencintai seseorang terus pikiranmu berubah. Cinta itu bukan seperti memilih film apa yang hendak ditonton” (Natalie, 8)

6. “Katakan kepada isterimu bahwa dia terlihat cantik walaupun mukanya seperti sebuah truk!” (Ricky, 7).

7. “Jika kamu mau menjadi pencinta yang lebih baik, kamu harus mulai dengan mencintai teman yang kamu benci” (Nikka, 6).

8. “Jangan pernah mengatakan I LOVE YOU kecuali kamu sungguh mengerti maknanya. Tapi jika kamu mengerti maknanya, kamu harus sering mengatakannya, soalnya orang sering lupa” (Jessica, 8).

*Cinta dan Perkawinan*

1. “Saya kira itu seperti ketika kita kena tembak anak panah atau sesuatu tetapi tidak merasakan sakit sama sekali” (Manuel, 8).

2. “Tak ada yang tahu mengapa terjadi, tetapi saya dengar ada hubungannya dengan penciuman, makanya parfum dan dedoran sangat terkenal dan laris” (Mae, 9).

3. “Nanti setelah saya tamat Taman Kanak-Kanak, saya akan mencari isteri” (Tom, 5)

4. “Pada hari pertama pacaran mereka hanya saling bohong, makanya mereka saling tertarik untuk date lagi yang kedua kalinya” (Mike, 10) .

5. “Mommy ku bilang untuk mencari lelaki yang baik. Itu yang akan saya lakukan. Saya akan mencari seseorang yang tinggi dan ganteng” (Carolyn, 8).

6. “Memikirkan soal cinta membuat saya sakit kepala. Saya hanya anak kecil. Saya ngga mau mempunya masalah seperti itu” (Kenny, 7).

7. “Biasanya setelah pacara beberapa lama, si cowok melamar si cewek. Dia bilang bahwa dia akan membawa cewek itu seumur hidupnya atau sekurangnya sampai punya anak dan bercerai” (Anita, 9).

8. “Kebanyakan lelaki itu tak berotak, maka kamu harus mencoba lebih dari sekali untuk menemukan yang hidup” (Angie, 10).

9. “Seorang pria dans eorang wanita saling berjanji untuk selalu bersama-sama di waktu sakit, susah, dan senang” (Marlon, 10).

10. “Menjadi jomblo itu lebih baik, alasannya karena saya tidak mau menggantikan diapers. Tentu saya akan emnikah, saya akan memikirkannya. Saya baru saja menelpon Mommi ku untuk minum kopi dan mengganti diaper” (Kirsten, 10).

*Mengapa Cinta Terjadi antara Dua Orang*

1. Tak seorang pun tahu mengapa hal itu terjadi tetapi saya dengar hal itu berhubungan dengan smell. Makanya parfum dan deodoran sangat laris (Mae, 9)

2. Yang satu punya freckles makanya dia menemukan yang punya freckless juga (Andrew, 6)

3. Seperti apa sih jatuh cinta ya? Seperti salju yang longsor, kita harus lari cepat untuk selamatkan hidup kita (John, 9)

4. Jika jatuh cinta itu seperti belajar bagaimana mengeja, mending ngga deh, abis lama sekali belajarnya (Glenn, 7)

*Pentingnya Cantik dan Ganteng di dalam Cinta *

1. Jika Anda ingin dicintai seseorang yang bukan sanak saudara, ngga cantik juga ngga apa-apa” (Anita C., 8)

2. Cinta kan bukan hanya soal tampang. Coba lihat saya. Saya ganteng seperti juga lainnya tapi ngga ada yang mau menikahi saya” (Brian, 7).

3. Cantik itu hanya setebal kulit. Tetapi seberapa kaya Anda, itulah yang dapat abadi” (Christine, 9)

*Tingkah Mereka yang Sedang Jatuh Cinta. *

1. “Mooshy … seperti anak anjing, bedanya hanyalah anak anjing tidak mengibaskan ekornya sesering mereka” (Arnold, 10)

2. “Semua tiba-tiba berubah, seperti menjadi pecandu nonton film sehingga mereka bisa duduk berdampingan di temapat ayang gelap ” (Sherm, 8 ).

*Mengapa Orang yang Jatuh Cinta Bergandengan Tangan? *

1. “Mereka mau meyakinkan kita bahwa cincin mereka tidak akan jatuh karena telah dibeli dengan harga yang mahal” (Gavin, 8).

2. “Mereka hanya melakukan latihan supaya suatu ketika mereka lancar berjalan sepanjang lorong dalam hari pernikahan mereka” (John, 9 ).

*Rahasia Cinta *

1. “Saya pasti mengutamakan cinta sejauh tidak bersamaan dengan acara “Dinosaurus di Televisi.” (Jill, 6).

2. “Cinta itu bodoh, walau begitu, saya pasti mencobanya suatu waktu nanti” (Floyd, 9).

3. “Cinta akan menemukan Anda, walaupun Anda mencoba bersembunyi darinya. Saya sudah pernah mencoba bersembunyi darinya. Saya sudah pernah bersembunyi darinya sejak saya berumur lima tahun tetapi cewek-cewek itu tetap saja dapat menemukan saya” (Dave, 8).

4. “Saya ngga terburu-buru untuk jatuh cinta. Abis, baru jadi murid di kelas empat SD saja sudah susah sekali” (Regina, 10 ).

*Kualitas yang Dimiliki untuk Menjadi Pencinta yang Baik.*

1. “Menjadi sensitif itu tidak menyakiti” (Robbie, 8).

2. “Salah satu dari kalian harus tahu cara menulis check, karena walau kalian punya berton-ton cinta tetap saja masih banyak sekali bills yang harus dibayar” (Ava, 8).

*Cara Membuat Orang Jatuh Cinta pada Kita *

1. “Katakan pada mereka bahwa Anda memiliki toko manisan” (Del, 6).

2. “Coba memekik dengan kuat bahwa Anda mencintai dia dan jangan cemas walaupun orang tua mereka ada di sana” (Manuel, 8).

3. “Jangan melakukan seuatu yang berbau ngga sedap, bersepatu warna hijau. Kan nanti Anda mendapatkan perhatian, tetapi kan perhatian tidak sama dengan cinta” (Alonzo, 9).

4. “Salah satu caranya ialah mengajak cewek makan ke restoran. Harus yakin bahwa bahwa dia menyukai makanan yang dipesan. French fries bisanya efektif untuk saya” (Bart, 9).

*Mengamati Pasangan Cinta yang Makan di Restoran*

1. “Cukup hanya dengan melihat apakah si cowok yang membayar billnya atau bukan. Di situlah kita tahu bahwa ia mencintai cewek itu” (Bobby, 9).

2. “Mereka yang saling cinta biasanya saling menatap satu sama lain dan membiarkan makanan mereka menjadi dingin” (Bart, 9).

3. “Orang yang jatuh cinta biasanya berpakaian bagus dan rapi sekali, sehingga jika mereka hanya memakai jean mungkin mereka hanya berteman atau barusan saja putus” (Sarah, 9).

4. “Gampang, lihat saja apakah ada bekas lipstik di pipi atau bibir si cowok” (Sandra, 7).

5. “Biasanya benar mereka saling cinta jika memesan makanan dessert yang dibakar. Mereka suaka yang begitu karena begitulah pula hati mereka, sedang membara” (Christine, 9).

*Lagu yang Ingin Kamu Nyanyikan untuk Kekasihmu?*

1. “How Do I Love Thee When You’re Always Picking Your Nose?'” (Arnold, 10).
2. “You Are My Darling Even Though You Also Know My Sister” (Larry, 8).
3. “I Love Hamburgers, I Like You!'” (Eddie, 6)
4. “I Am in Love with You Most of the Time, but Don’t Bother Me When I’m with My Friends.” Bob, 9).
5. “Hey, Baby, I Don’t like Girls but I’m Willing to Forget You Are One!” (Will, 7)
6. “How Do I Love Thee When You’re Always Picking Your Nose?” ( Arnold, 10)
7. “Honey, I Got Your Curly Hair and Your Nintendo On My Mind” (Sharon, 9).

*Apa dalam Pikirannya ketika Mengucapkan “I Love You”? *

1. “Orang itu berpikir: Yeah, saya sungguh mencintainya. Tetapi dalam hati berharap agar ia mandi sekurangnya sehari sekali” (Michelle, 9).

2. “Beberapa dari mereka mungkin menjadi nervous, sehingga mereka sangat gembira bahwa mereka akhirnya dapat hang out dinner besama” (Dick, 7).

*Ciuman*

1. “Ketika pertama kali mencium, mereka biasanya jatuh saling bertindihan trus ngga bangun-bangun lagi lebih dari satu jam” (Wendy, 8 ).

2. “Jangan pernah mencium di depan orang. Itu sangat memalukan jika ada yang melihatmu. Jika tidak ada yang melihat, saya juga mau mencobatnya dengan seorang cowok yang ganteng, cukuplah untuk beberapa jam saja”
(Kally, 9).

3. “Aturan hukum menetapkan bahwa kita harus berumur 18 tahun sehingga saya ngga berani merusak hidupku” (Curt, 7).

4. “Aturannya begini: kamu mencium seseorang, lalu kamu harus menikahinya dan memiliki anak dengannya” (Howard, 8).

*Bagaimana Ciuman Ditemukan? *

“Saya tahu bagaimana ciuman diciptakan. Ciuman akan membuat Anda merasa hangat seluruh badan apalagi mereka umumnya saat itu tidak punya pemanas elektrik atau perapian atau bahkan kompor di rumah mereka” (Gina, 8).

*Bagaimana Mereka Belajar Berciuman? *

1. “Kamu bisa melakukan latihan dengan Boneka Barbie dan Ken” (Julia, 7)
2. “Kamu bisa langsung melakukknnya ketika ada perasaan itu datang” (Brian, age7)
3. “Mungkin akan membantu bila kita menonton opera sabun (telenovela) setiap hari” (Carin, 9)

*Kapan Boleh Mencium Seseorang? *

1. “Ketika mereka kaya” (Pam, 7)

2. “Tidak boleh pernah mencium seorang cowok. Mereka selalu meliurkan ludahnya ke kamu. Makanya saya ngga mau lagi melakukanya” (Tammy, 10)

3. “Jika dia adalah Ibumu, maka kamu dapat menciumnya kapan saja. Tetapi jika dia orang baru, kamu harus bertanya minta izin” (Roger, 6)

*Links:*

1. http://funnies.paco.to/fallingInLove.html

2. http://www.thehypertexts.com/__Have_To_Say.htm http://www.thehypertexts.com/Mysterious_Ways/Kids_on_Love_What_The_Real_Experts_Have_To_Say.htm>

3. http://www.rinkworks.com/said/kidlove.shtml

Happy Love Day!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: