ADVERTISING

Pingin jadi orang iklan ?
Syaratnya apa ?

• Kreatif segala hal (universal )
• Tidak perlu takut kalau gak bisa gambar
• Bisa membayangkan mimpi menjadi kenyataan
• Suka otak atik otak
• Berani dan Kritis serta analisis tajam.
• Bisa kerja team
• Tidak harus berbackground seni rupa/desain/komunikasi.
• Tahan bantingan (mental ).
• Punya sense marketing dan research tinggi.

Kalau sudah jadi orang iklan ?
Terus kerjaannya apa ?


BINA USAHA
• Mencari client baru
• Merumuskan Strategy product
• Membuat rekomendasi total IMC
• Mengadakan relationship dengan client
• Seakan menjadi “staff promosi” di Client.

BINA KREATIF
• Mencari Strategy eksekusi iklan
• Berusaha menjadi konsumen
• Dengar, Baca, lihat, analisis , tulis.
• Selalu brainstorming ide.
• Berpikir IDE TIDAK AKAN HABIS
• Imajinatif dan keluar pola.

BINA MEDIA
• Mengadakan research tentang perilaku konsumen
• Membuat perencanaan media placement
• Memberikan kontribusi ide perihal media concept
• Mengecek setiap placement di media

Full Service Agency seperti apa ?
Bentuk utama dari komunikasi pemasaran (IMC)


1. Penjualan perorangan (personal selling)
2. Iklan (Advertising)
3. Promosi penjualan (sales promotion)
4. Pemasaran sponsorship (sponsorship marketing)
5. Publisitas (Publicity) —- advertorial adv.
6. Point of Purchase (Komunikasi di tempat pembelian)

Perkembangan Biro Iklan di Indonesia
• JAKARTA masih menjadi barometer
• Biro Iklan Lokal masih kalah jauh dengan Biro iklan di Jakarta
• Penghargaan Ide di Jakarta masih lebih bagus dibanding kota lain
• Susana kompetitif di Jakarta lebih menjadi tertantang ( SDM)
• Beberapa billing terbesar dikuasai biro iklan Jakarta berbasis afiliasi luar.

Perkembangan Biro Iklan di daerah
• Banyak mengatasnamakan advertising tapi pola kerja bukan Advertising lagi.
• Kualitas dan kuantitas kalah hanya karena bersaing harga.
• Penghargaan ide masih kalah karena berpikir siapa murah dialah yang menang
• Merasa puas dengan kondisi lokal .(belum tertantang menyaingi Jakarta).

Biro Iklan Afiliasi:
– First Edition
– Euro RSCG Adwork
– Leo Burnett Kreasindo
– Lowe
– TBWA
– Ogilvy and Mather
– JWT Adforce
– Mc Cann Erickson
– Dentsu
– Grey
– Hokuhodo

Biro Iklan Non Afiliasi:
– Matari
– Hotline Ad
– MACS 909
– Fortune Indonesia
– Artek n’ Partners
– JC&K
– CCHQ
– Avicom
– Poliyama
– Satu Citra

Biro Iklan Lokal:
– Jawa Ad
– Tecma Solo
– Citra Nusa
– Mata Merah
– Petakumpet
– Mara Ad
– EnRGi
– Exist Comm

2 Responses to “ADVERTISING”

  1. Pa,materi-materinya bagus pa,tapi ada beberapa point yang pengen saya tanyakan
    1.ketika advertising sudah jadi sumber mata pencaharian saya,lalu saat sepi job apa yang harus saya lakukan?saya cuma punya skill dalam bidang desain,itu pun belum mahir banget,tapi syukur sampai sekarang masih diakui sm PH di jakarta he..he
    2.trus untuk terjun ke dunia advertising di jaman skrg ini gimana caranya?sementara biro iklan itu sangat sedikit sekali,karena di setiap perusahaan atau E.O itu sendiri udah ada bagian khusus creatif management,yang ngurusin masalah iklan untuk produknya..
    3.menurut bapak,ORIGINALITAS dalam berkarya khususnya dalam iklan itu penting atau ga?

    makasi ya pa…
    btw mata kuliah community Relations itu bapak ngajar juga ya?
    he..he

  2. adv agency daerah sekarang tumbuh bak jamur.
    bisa gak jamur akan bertahan di panasnya bumi yg semakin panas.
    bagaimana tecma adv. akan bisa hidup berkembang.

    Salam adv.to Phinasthika 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: