COPYWRITING

Dianggap bagian dr komponen iklan, Bagian dari trilogi Desain – Marketing – Media, Copy base VS Visual Base, gabungan antara sastrawi dengan intelektual.

Copywriting menjadi bagian tekstual dalam iklan.
Definisi iklan adalah:
• berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yg ditawarkan
• pemberitahuan kpd khalayak mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti koran dan majalah, atau di tempat-tempat umum (Kamus besar bhs Indonesia)

What is Copywriting?
Benda abstrak berstruktur verbal yang membangunkan emosi dan membentuk imajinasi sehingga mempengaruhi pembaca atau pendengar untuk berbuat seperti yang diharapkan.
Karya tulis yang disusun secara kreatif dengan kata-kata kaya olahan sehingga keajaiban makna tercipta.

Kaya makna dan menggugah……
Artinya, struktur bagan kata dalam copy haruslah :
Menggugah, mencermati kebutuhan konsumen, memberi solusi dan memberikan perhatian
Informatif, kata yg digunakan jelas, bersahabat, rinci, dan komunikatif. Tak bertele-tele apalagi mengabaikan durasi
Persuasif, kalimat membuat konsumen nyaman, senang dan tenteram
Bertenaga, komposisi kata yg membimbing konsumen untuk menghargai waktu selama masa penawaran/promosi
Punya solusi, komposisi kata membantu konsumen memperoleh yang diinginkan secepat dan semudah mungkin.

Kesimpulan definisi Copywriting adalah:
– Pengertian copywriting selalu mengarah ke kegiatan beriklan (promotif)
– Copywriting identik dengan kemampuan membuat dan menghasilkan tulisan/teks untuk kepentingan beriklan.
– Posisi copywriting sangat penting dlm proses eksekusi sebuah iklan, krn didlmnya ada gambaran mengenai bentuk arahan, dan target yg akan dicapai

Bentuk naskah copywriting selalu punya kedalaman makna, baik harafiah maupun psikologis
Copywriting mengenal perpaduan gaya bahasa faktual dengan imajinasi dan memberikan nilai lebih.
Aspek emosional dlm copywriting seringkali diutamakan dibanding aspek rasional
Copywriting haruslah karya yang bertanggungjawab dari sisi aspek hukum.

Copywriting disusun berdasarkan:
• Siapa yang hendak menerima pesannya (TA, TM, Demografis, Psikografis, Behaverior, Geografis)
• Sesuaikan bahasa, dan kalimat pada TA-nya
• Apa yang menjadi inti dari pesan, susunlah tata urut dan bunyinya agar enak.
• Kekuatan copy ada pada kedalaman makna yang mempengaruhi aspek psikologis dan meyakinkan.

One Response to “COPYWRITING”

  1. tersbut diatas “TA” itu maksudya apa?Tolong dijelaskan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: